Apakah grammar itu penting?

Pentingnya grammar

 

Setiap bahasa di dunia ini memiliki aturan-aturan bahasa yang harus “dipatuhi” agar penggunaan bahasa tersebut tidak rancu dan aneh. Misalnya seperti bahasa indonesia, agar kalimat yang diucapkan benar dan juga tidak aneh. Maka dalam sebuah kalimat harus ada subjek, ataupun orang yang akan mengerjakan suatu pekerjaan. Dan juga ada kata kerja, misalnya ada makan, tidur, bermain dan lain sebagainya. Hal itu juga berlaku didalam bahasa inggris. Jika dalam bahasa inggris, aturan-aturan dalam kalimat tersebut disebut dengan grammar. Sejak kita belajar di sekolah awal, pasti kita sudah diajarkan bahkan ditekankan untuk mempelajari grammar ini. Grammar atau aturan bahasa ini biasanya dapat menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Karena grammar itu dianggap sebagai sesuatu yang rumit dan sangat sulit dipahami. Sehinggamenjadikan bahasan tentang grammar ini menjadi sesuatu yang dihindari dan juga menakutkan. Sehingga ketika orang mendengarnya maka orang akan bergidik ngeri dan juga merinding.

Tapi jangan paranoid gitu lah! karena grammar tidaklah sesulit itu kok sebenarnya. Karena semuanya memang dapat dipelajari kok, termasuk si grammar ini. Tapi, ngomong-ngomong tentang grammar ini, sebenarnya penting gaksih grammar ini? Kenapa kita harus mempelajarinya? anda ingin mengetahui jawabannya? mari kita diskusikan bersama-sama. Grammar itu sebenarnya penting dan gak penting sih. Ketika kita berbicara mungkin kita seharusnya jangan begitu terpaku pada grammar. Karena grammar akan membuat kita sulit berkembang, tapi sebaiknya juga kita mengetahui grammar dasar sehingga kita setidaknya dapat menyusun kalimat yang akan kitaucapkan dengan benar.

Grammar juga sangat dibutuhkan dalam menulis sebuah karya ilmiah maupun karya nonfiksi. Sehingga para pembaca pun faham tentang apa yang kita tuliskan. Kadang kita juga berfikir kenapa ya orang native asli kadang membuat percakapan ataupun berbicara tapi tidak begitu memikirkan grammar, alias grammar mereka acak-adul tapi tetap bisa dimengerti. Tapi, bukankah lebih baik apabila kita memahami dan jugamengerti grammar walaupun hanya basic. Iya kan? Jadi, sebenarnya garis besarnya adalah grammar itu penting. Ada tiga alasan kenapa grammar itu penting dan juga kenapa grammar itu harus dipelajari. Misalnya seperti ini, jika grammar maupun tata bahasa inggris tidak diketahui sama sekali maka kemampuan berbicara kita akan nampak amburadul.

Dan juga menimbulkan kerancuan dengan seseorang yang akan kita ajak berbicara maupun berkomunikasi. Bahkan kadang bisa menimbulkan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan pertikaian ataupun pertengkaran. Selain itu grammar juga penting ketika seseorang menulis. Itu akan meningkatkan kredibilitas sang penulis, apakah orang tersebut adalah seseorang yang pandai dalam bahasa inggris maupun tidak. Dan kemampuan ini juga berguna dalam mencari pekerjaan sekarang, karena sekarangkemampuan berbahasa inggris dan juga kemampuan menulis bisa menjadi poin penting ketika ingin melamar suatu pekerjaan. Para bos perusahaan tersebut akan lebih mementingkan orang yang menguasai bahasa inggris dan juga grammar dengan baik. Dan tentu saja grammar juga sebagai indikator kecerdasan dan sejauh mana ilmu yang dimiliki seseorang, khususnya dalam penguasaan dalam bahasa inggris. Kemampuan grammarmaupun tata bahasa juga sangat berguna dalam segala aspek kehidupan mulai dari komunitas maupun kehidupan kelompok, kehidupan sosial, pekerjaan dan juga pendidikan. Bahkan grammar ataupun tata bahasa ini penting juga lho dipelajari oleh seorang ibu di rumah. Karena seorang ibu dituntut untuk mengajarkan pendidikan sejak dini kepada anak-anaknya, termasuk dalam pengetahuan berbahasa inggris. Seorang ibu harusmengajarkan ilmu bahasa inggris dan juga grammar.

Nah, demikianlah penjelasan tentang pentingnya grammar. Semoga dapat membantu anda.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!