Biografi Singkat Bung Tomo dalam Bahasa Inggris & Artinya

Siapa yang tidak mengenal nama bung tomo ? bung tomo merupakan pahlawan indonesia yang sangat terkenal dengan perjuangannya mencegah pasukan nica untuk masuk ke wilayah indonesia atau lebih tepatnya ke wilayah Surabaya. Nah, bagaimana kisah beliau selengkapnya, mari kita simak kisah berikut ini.

 

Biografi Bung Tomo dalam Bahasa Inggris & Artinya

 

Sutomo or also called with bung tomo is a nation hero from indonesia. He is born in surabaya, east java in october 3th 1920. And die in padang arafah, arab saudi in october 7th 1981 in 61 years old. Is a hero that famous with his job to giving citizen spirit to fight netherland that come back in indonesia with nica that end with war november 10th 1945. And now people celebrate the day as a hari pahlawan. Sutomo born in kampungblauran, in a central city of surabaya. His father name is kartawan tjiptowidjojo, is a leader of family from middle class. He has a job in a government employee, as a assistant in a tax government office, and employee in a export and import netherland bussiness. He has a blood relation with pangeran diponegoro and he is grave in a malang. His mother is a mix married blood from sunda, madura and central java. She has a past job as apolice in kotapraja and as a member of sarekat islam, before she moved to surabaya and as a local distributor for sewing machine bussiness singer.

Sutomo grown up in a family that commend with education. He is talking with straight and full of energy. He is a hard worker to repair his condition. In 12 years old, when he is leave his education in mulo, sutomo doing a job to relieve the economy crisis global. He studying hbs in correspondency, but he is notgraduate from there. After that, sutomo join kbi( kepanduan bangsa indonesia ). In 17 years old, he is a famous when he is done to be second in hindia belanda that reach rank in pandu garuda. Before jepang stay in 1942, this rank reach by three people. Sutomo is a famous journalist, after that he join in social and politic community.

When he is choosen in gerakan rakyat baru that sponsored by japan, no one know him. And all of this planning sutomoto important job. In october and november 1945, he is a one of leader that raise spirit of surabaya citizen, in that time war of english army. sutomo is memorize because of radio program with blame spirit. Although indonesia loose in 10 november, this moment is still noted as a important moment in history of  freedom day in indonesia. So, that is about bung tomo. Hope you get new information and thank you.

 

Terjemahan

 

Sutomo ataupun biasa dipanggil dengan bung tomo adalah pahlawan nasional dari indonesia. Dia lahir di Surabaya, jawa timur 3 oktober 1920. Dan meninggal di padang arafah, arab Saudi di tanggal 7 oktober 1981, ketika berusia 61 tahun. Bung tomo adalah pahlawan yang terkenal dengan sumbangsihnya yang mengobarkan semangat para rakyat untuk melawan penjajah belanda yang kembali ke indonesia dengan nica dan dengan perang di tanggal 10 november 1945. Dan sekarang orang-orang memperingati hari tersebut sebagai hari pahlawan. Sutomo lahir di kampong blauran, di pusat kota Surabaya. Nama ayahnya adalah kartawan tjiptowidjojo, adalah pemimpin dari keluarga kelas menengah. Dia bekerja sebagai pegawai pemerintah, sebagai seorang asisten di bagian pajak dan pegawai di ekspor dan impor bisnis belanda. Dia memiliki hubungan darah dengan pangeran diponegoro dan dia dimakamkan di malang. Ibunya memiliki darah campuran sunda, Madura dan jawa tengah. Dia adalah seorang polisi di kota praja dan juga anggota dari sarekat islam, sebelum dia pindah ke Surabaya dan sebagai distributor local untuk perusahaan mesin jahit singer.

Sutomo tumbuh besar di dalam keluarga yang peduli dengan yang namanya pendidikan. Dia berbicara dengan tega dan bergelora. Dia adalah seorang pekerja keras untuk memperbaiki keadaannya. Di usianya yang kedua belas tahun, dia meninggalkan pendidikannya di mulo, sutomo bekerja untuk memperbaiki krisis ekonomi yang saat itu sedang melanda dunia. Dia belajar di hbs jurusan korespondensi, tetapi dia tidak lulus dari sana. Setelah itu, sutomo bergabung dengan kbi (kepanduan bangsa indonesia). Di usianya yang ke tujuh belas tahun dia terkenal dengan prestasinya sebagai orang kedua di hindia belanda yang mendapatkan peringkat di pandu garuda. Sebelum jepang datang di tahun 1942, peringkat ini hanya dapat dicapai oleh tiga orang saja. Sutomo adalah jurnalis yang terkenal, setelah itu dia bergabung di kelompok sosial dan politik.

Ketika dia dipilih di dalam gerakan rakyat baru yang disponsori oleh jepang, tidak ada seorangpun yang mengenalnya. Dan dia merencanakan suatu pekerjaan yang penting. Di bulan oktober dan November 1945, dia adalah salah satu pemimpin yang membangkitkan semangat rakyat Surabaya, ketika perang dengan prajurit inggris, sutomo selalu diingat karena siaran radionya yang menggelora kala itu. Walaupun indonesia kalah di tanggal 10 november, tetapi kejadian tersebut akan selalu diingat sebagai sejarah penting kemerdekaan indonesia. Jadi, demikianlah sekelumit kisah tentang bung tomo. Semoga dapat menambah pengetahuan anda dan terima kasih.

 

Nah, demikianlah kisah bung tomo. Dengan mengetahui kisah ini kita dapat meniru sifat beliau yang sangat gigih untuk mempertahankan kemerdekaan. Tentu kalau untuk sekarang kita tidak perlu untuk mengangkat senjata, dengan belajar yang gigih kita akan dapat mengisi kemerdekaan dengan sesuatu yang berguna bagi bangsa dan juga Negara.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!