Biografi Singkat Pangeran Diponegoro dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Pangeran diponegoro merupakan salah satu pahlawan yang terkenal dan namanya pun sering disebut hingga sekarang. Beliau memiliki sikap yang gigih dan tak gampang menyerah dalam melawan belanda yang berlaku sewenang-wenang dan juga kadang melanggar adat yang sangat erat dipegang oleh beliau dan juga oleh penduduk sekitarnya. Daripada berlama-lama lagi, nah mari kita bahas bersama tentang pangeran diponegoro tentang kisah beliau. Ayo kita baca bersama!

 

Biografi Pangeran Diponegoro dalam Bahasa Inggris dan Artinya

 

Pangeran Diponegoro

 

Pangeran diponegoro is a famous hero that many people know about his name, but few people that know about his story why he is an nation hero. Pangeran diponegoro is a one of Indonesian figure that many people know him. That has characteristics wearing the turban and clothes with white colour same with his turban.

Pangeran diponegoro himself, he born in november 11th 1785. He died when he is in isolation in makasar, south sulawesi in january 8th 1855 in 69 yearsold. He is an nation hero. His grave in makasar. Pangeran diponegoro is a oldest son of hamengkubuwana III, his father is a mataram king in yogyakarta. He is born from concubine with name R.A mangkarawati, she is come from pacitan. The child’s name of pangeran diponegoro is bendoro raden mas ontowiryo.

He is know about his statue as a concubine son, making him deny his desire of his father that want to make him as a king. He is deny because his mother is a concubine not a consort of a king. Pangeran diponegoro has 3 wife, there are bendara raden ayu antawirya, raden ayu ratnaningsih and raden ayu ratnaningrum. Diponegoro war begin when dutch tall in pole in land that diponegoro has in tegalrejo area. That moment, sure pangeran diponegoro fed up and nauseated with dutch behaviour that not commend custom and culture of the citizen and very exploitation of citizenwith tax load. Diponegoro spirit that fight dutch in a open war, get a sympaty and support from citizen. With advice of  pangeran mangkubumi, his uncle,diponegoro go out from tegalrejo, and making station in selarong cave. During this war, the loss in dutchside, at least 15.000 army and 20 million gulden. Many ways taking by dutch to catching pangeran diponegoro. Even prize contest, the prize is 50 million gulden giving to all that catching pangeran diponegoro. And finally, diponegoro prisoner in 1830.  We can take the good example that struggle always remind in the future.

That’s it about pangeran diponegoro. Hope you get new information. Thank you.

 

Terjemahan

 

Pangeran diponegoro adalah pahlawan terkenal yang banyak dikenal oleh masyarakat, tetapi hanya sedikit orang saja yang mengetahui tentang kisahnya kenapa sampai dia disebut sebagai seorang pahlawan nasional. Pangeran diponegoro merupakan salah satu tokoh yang dikenal khalayak luas. Yang memiliki ciri-ciri fisik yang sering digambarkan yakni memakai sorban dan pakaian yang berwarna putih senada dengan sorbannya.

Pangeran diponegoro sendiri lahir di tanggal 11 november 1785. Dia meninggal ketika sedang diasingkan di makasar, Sulawesi selatan pada tanggal 8 januari 1855 di usia 69 tahun. Dia adalah seorang pahlawan nasional. Dia dimakamkan di makasar. Pangeran diponegoro adalah putra tertua dari hamengkubuwana III, ayahnya adalah seorang raja mataram di Yogyakarta. Dia terlahir dari seorang selir yang bernama R.A mangkarawati, dia berasal dari pacitan. Nama kecil dari pangeran diponegoro adalah bendoro raden mas ontowiryo.

Dia tahu statusnya yang hanya sebagai putra dari seorang selir, yang membuatnya menolak keinginan ayahnya yang ingin menjadikannya sebagai seorang raja yang akan menggantikan ayahnya. Dia menolak keinginan ayahnya, karena ibunya adalah seorang selir dan bukanlah seorang permaisuri. Pangeran diponegoro memiliki 3 istri, mereka adalah bendara raden ayu antawirya, raden ayu ratnaningsih dan raden ayu ratnaningrum. Perang diponegoro terjadi karena belanda memasang patok di tanah milik pangeran diponegoro yakni di wilayah tegalrejo. Kejadian tersebut, yang membuat pangeran diponegoro muak dan juga kesal dengan sikap belanda yang tidak menghormati adat istiadat dari masyarakat dan sangat mengeksploitasi masyarakat dengan pajak yang tinggi. Semangat pangeran diponegoro untuk melawan belanda mendapatkan simpati dan juga dukungan dari masyarakat. Dengan saran dari pangeran mangkubumi, paman pangeran diponegoro pergi dari tegalrejo dan membuat markas di gua selarong. Selama perang berlangsung, kerugian dialami oleh pihak belanda, sekitar 15.000 tentara dan juga 20 juta gulden telah hilang. Banyak cara yang ditempuh oleh pihak belanda untuk menangkap pangeran diponegoro. Bahkan sebuah lomba maupun sayembara diadakan oleh pihak belanda, hadiahnya adalah sebesar 50 juta gulden akan diberikan kepada orang yang dapat menangkap pangeran diponegoro. Dan kemudian pangeran diponegoro ditemukan dan dipenjara pada tahun 1830. Kita pun bisa mengambil nilai kebaikan bahwa perjuangan akan selalu dikenang di masa depan.

Demikianlah kisah tentang pangeran diponegoro. Semoga dapat menambah informasi anda. Terima kasih.

 

Dan demikianlah kisah tentang pangeran diponegoro. Kita harus selalu mengenang jasa para pahlawan kita dengan cara selalu mengisi kemerdekaan dengan prestasi yang gemilang dan juga semangat juang yang tinggi untuk meraih cita-cita dan keinginan kita selama ini.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!