Biografi Singkat Soeharto dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Bapak presiden ini sering disebut sebagai seseorang yang kejam. Tapi sebenarnya banyak sekali jasa yang telah beliau lakukan untuk bangsa ini. Termasuk dalam menjadikan nusantara sebagai salah satu macan asia dan juga indonesia pada masa pemerintahan beliau menjadi salah satu Negara swasembada pangan yakni Negara yang dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri tanpa harus mengimpor dari luar negeri. Ya, beliau adalah presiden kita yang kedua, bapak soeharto. Nah, banyak juga yang penasaran tentang kisah hidup beliau ini. Anda juga ? nah, daripada anda lama-lama penasarannya, ayo kita simak kisah beliau di bawah ini.

 

Biografi Bapak Soeharto

 

President soeharto in a days busy people that say about him because of polemic of to enter him into nation hero listing. Soeharto is a president that know by longest president in indonesia. He become president for 32 years in indonesia. Also known as development father or bapak pembangunan. He is these second president of indonesia, after soekarno. He is president that success bring indonesia into country that can self sufficient in food sector growing fast with repelita program or rencana pembangunan lima tahun or the development planing in five years.

He is born in kemusuk, yogyakarta, june 8th 1921. His mother’s name is sukirah dan his father’s name is kertosudiro. His father’s job is assistant of village chief and also a farmer. When he is 8 yearsold, soeharto begin go to school but always moved from one school to another school. He is study in SD puluhan or elementary school puluhan, godean but he moved to SD pedes because his family moved to kemusuk, kidul.After that his father moving him to wuryantoro. And he lifes with prawirohardjo a man that married with soeharto’s younger sister.

In 1941, in the soldier grades school in gombong, central java. In the october 5th 1945 after independence day of indonesia, he is official  to be soldier. After that, he is getting married with siti hartinah in desember 27th 1947. His age when he married is 26 years old and his wife is 24 years old. They has 6 children, they are siti hardiyanti hastuti, sigit harjojudanto, bambang trihatmojo, siti hediati herijadi, hutomo mandala putra and siti hutami endang adiningsih. Carreer soeharto begin when he take supersemar or surat perintah sebelas maret from soekarno and his job is to restrain secure when indonesia in disorder because of PKI coupd’etat. After moment G30 S PKI political and government situation not condusive, in march 1967 in special meeting MPRS that point toward soeharto as a second president of indonesia. Every people has a lacking and excess side. It just like mr.president. many people said that he is a dictator but we should remember about his merit for indonesia.

That’s about soeharto. Hope you get new information. Thank you.

 

 

Terjemahan

 

Presiden soeharto beberapa hari belakangan ini ramai diperbincangkan karena polemik dalam memasukkan beliau dalam list pahlawan nasional. Soeharto adalah presiden terlama di indonesia. Dia menjadi presiden di indonesia selama 32 tahun. Terkenal juga sebagai bapak pembangunan. Dia adalah presiden kedua setelah soekarno. Dia juga merupakan presiden yang sukses membawa indonesia menjadi Negara swasembada pangan dengan sangat cepat karena program yang telah dia canangkan yakni program repelita maupun merupakan akronim dari rencana pembangunan lima tahun.

Dia lahir di kemusuk, Yogyakarta, pada tanggal 8 juni 1921. Nama ibunya adalah sukirah dan nama ayahnya adalah kertosudiro. Pekerjaan ayahnya adalah sebagai wakil lurah dan juga sebagai seorang petani. Ketika dia masih berusia delapan tahun, soeharto mulai bersekolah di sebuah sekolah tetapi dia selalu berpindah sekolah dari sekolah satu ke sekolah yang lainnya. Dia sekolah di SD puluhan, godean tetapi kemudian dia pindah ke SD Pedes karena keluarganya pindah ke kemusuk, kidul. Setelah itu ayahnya memindahkannya ke wuryantoro. Dan kemudian dia tinggal bersama dengan prawirohardjo, seorang pria yang menikahi adik perempuannya atau bisa juga disebut dengan adik iparnya.

Di tahun 1941, dia mengikuti sekolah bintara di gombong, jawa tengah. Di tanggal 5 oktober 1945 setelah hari kemerdekaan indonesia, dia kemudian resmi menjadi seorang tentara. Setelah itu, dia kemudian menikah dengan siti hartinah di tanggal 27 desember 1947. Usianya ketika menikah adalah 26 tahun dan istrinya adalah 24 tahun. Mereka memiliki 6 orang anak, mereka adalah siti hardiyanti hastuti, sigit harjojudanto, bambang trihatmojo, siti hediati herijadi, hutomo mandala putra dan siti hutami endang adiningsih. Karir soeharto dimulai ketika dia mendapatkan supersemar ataupun akronim dari surat perintah sebelas maret dari soekarno dan tugasnya adalah untuk menjaga keamanan ketika keadaan indonesia sedang kaca karena kudeta dari PKI. Setelah peristiwa G 30 S PKI, situasi politik dan juga pemerintahan tidak kondusif, di bulan maret 1967 diadakan rapat khusus dengan MPRS yang mengambil keputusan yakni mengangkat soeharto sebagai presiden kedua indonesia. Setiap manusia memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Seperti presiden soeharto ini. banyak yang bilang dia adalah seorang diktator tapi kita juga harus mengingat jasanya bagi negara.

Demikianlah sedikit cerita tentang presiden soeharto. Semoga dapat menambah informasi anda. Terima kasih.

 

Nah, demikianlah sekelumit cerita tentang kehidupan bapak presiden kita, presiden soeharto. Dari kisah hidup beliau kita dapat meneledani sifat beliau yang sangat tegas dan juga memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Dengan tangan emasnya, beliau dapat membawa indonesia pada kejayaan. Itulah tugas utama kita untuk menjadikan Negara kita yang tercinta sebagai Negara yang besar dan juga maju. Kenapa kita tidak bisa ? dengan kemauan dan juga semangat yang tinggi, kita pasti dapat mewujudkannya. Ayo semangat!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!