5 Cara Membuat Kerangka Karangan Agar Memudahkan Anda dalam Menulis

CARA MEMBUAT KERANGKA KARANGAN – Menulis adalah sebuah kegiatan diamana kita dituntut untuk lihai bermain kosa kata. Salah satu hal yang dapat membuat kita dapat menulis adalah kita harus menuangkan apa yang ada di pikiran kita melalui melihat dan mendengar. Membaca merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi menulis. Dengan membaca kita dapat memperkaya kosa kata. Sebuah karangan yang ditulis dengan kosa kata yang beragam akan lebih menarik untuk dibaca daripada yang berisi gaya bahasa monoton.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kerangka karangan. Berikut ini adalah langkah – langkah dalam membuat suatu kerangka karangan:

 

  1. Menentukan Tema

Tema merupakan hal utama yang harus dipikirkan ketika hendak menulis sebuah karangan. Tema biasanya bisa berisi tentang berita – berita yang sedang hangat di perbincangkan saat ini dikalangan masyarakat. Atau juga fakta – fakta unik yang belum banyak di ketaui orang banyak. Biasanya tema merupakan hal yang begitu sulit untuk didapatkan, namun tidak selamanya hal yang sulit tidak memiliki solusi, inspirasi dapat muncul dari berbagai media, internet misalnya merupakan wadah inspirasi tebesar yang mampu membantu kebuntuan otak dalam menulis.

 

  1. Membuat Judul

Ketika Tema sudah ditentukan, bukan hal yang sulit untuk menentukan  Judul. Judul bertindak sebagai pengecil ruang ligkup pembahsan dari sbeuah karangan. Judul membantu seorang penuli berada di jalur yang lebih spesifik dalam menulis isi karangannya.

 

  1. Mengumpulkan Bahan.

Utnuk mengumpulkan bahan anda dapat mengumpulkan dalam berbagai media. Seperti media internet misalnya, yang dewasa ini dikenal sebagai pemberi informasi terbesar didunia. Kamu bisa mengumpulka data hanya dengan mengetik beberapa kanta kunci dimesin pencarian. Maka mesin pencari akan memberi anda ribuan situs yang mungkin berkenaan denga pembahsan yang sedang anda cari. Lebih beruntung lagi jika anda mampu menguasai beberapa bahasa asing. Anda bisa menulis kata kunci dalma bahasa asing tersebut, maka bahan tulisan anda akan menjadi lebih beragam.

 

  1. Menyeleksi Dan Mengembangkan Bahan

Tidak semua bahan hasil pencarian dapat dimasukkan kedalam karangan sekaligus tanpa melalui seleksi terlebih dahulu. Setiap bahan yang sudah dikumpulkan baik dari buku ataupun media internet harus diseleksi dan diambil bagian yang mendekati dari pembahasan karangan kamu. Ada baiknya jika kamu membaca terlebih dahulu bahan yang kamu kumpulkan, kemudian tulis kedalam karangan dengan menggunakan bahasamu sendiri yang lebih menarik dan mudah dicerna oleh semua kalangan usia.

 

  1. Mengambangkan Kerangka Karangan

Setelah semua hal diatas dipernuhi, maka sekarang giliran kamu mengembangkan kerangka karangan. Apa saja topik  – topik yang ingin kamu bahas. Kembangkan topik – topik tersebut dengan memberikan kalimat – kalimat pendukung. Contoh kerangka karangan misalnya:

Tema : Makanan
Judul : Manfaat Tempe

Loading...
  1. Pengertian tempe
    2. Kandungan pada tempe
    2.1 Protein
    2.2 Vitamin K
    3. Manfaat tempe
    3.1 Bagi kesehatan
    3.2 Bagi Keuangan
    4. Cara membuat tempe

Kemudian pengembangan kerangka karangan misalnya:

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai ini telah menjadi makanan sehari – hari orang – orang Indonesia sejak dahulu kala. Makanan sederhana ini mengandung vitamin dan mineral yang cukup banyak.

Salah satunya adalah protein, protein adalah zat pembangun yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein yang ada di dalam tempe ternyata memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah protein yang ada di dalam daging.

Selain protein, di dalam tempe juga terkandung vitamin K yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin K ini berasal dari kacang kedelai yang ada di dalam tempe. Karena tingginya jumlah vitamin dan mineral di dalam tempe ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, diantaranya adalah :

Tempe menjadi makanan alternative pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein. Meskipun protein yang dikandung adalah protein nabati, protein tersebut tidak kalah dari protein hewani. Dengan mengkonsumsi tempe yang banyak, maka kebutuhan protein di dalam tubuh kita akan terpenuhi.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, tempe juga bisa membantu kita menghemat pengeluaran. Hal ini dikarenakan harga tempe jauh lebih murah dan bisa dijangkau oleh siapapun. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi tempe kita bisa menabung.

Tempe mudah sekali ditemui karena hampir semua warung menjual makanan ini. Hal ini dikarenakan tempe sangat mudah untuk dibuat. Bahan yang diperlukan hanya kacang kedelai dan ragi. Kacang kedelai yang telah dibersihkan dicampur dengan ragi. Kemudian, dibungkus dalam plastik dan disimpan selama beberapa hari hingga menjadi tempe.

 

Tidak sulit menulis sebuah karangan jika kamu memulainya dengan keinginan yang kuat. Setiap orang bisa menjadi seorang penulis. Menulis hanyalah masalah keinginan yang kuat dan terus berlatih. Membaca merupakan salah satu cara terbaik yang dapat menjadikanmu seorang penulis hebat. Karna menulis membuatmu tahu banyak hal dan membuatmu kaya kosa kata.

Mulai sekarang cobalah melatih dirimu dengan kegiatan menulis karna menulis meruapakan sebuah kegiatan yang sudah sangat mendominasi berbagai aspek kehidupan. seprti misalnya: ketika kamu ingin melamar beasiswa maka kamu akan diharuska menusli sebuah essay dengan tema yang menarik untuk menjadi nilai plus dalma penilaain beasiswa. Ayo menulis dari sekarang.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!