Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Artinya

CONTOH PIDATO TENTANG PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS – Semua dari kita tahu bahwa bahasa merupakan satu – satuya alat yang mampu menyatukan satu manusia dan manusia lainnya dalam  berkomunikasi. Dengan bahasa kita dapat mengungkapkan ide dan berbagai hal lainnya. Dengan bahasa kita dapat berhubungan dengan semua orang tidak terkecuali.

Begitu juga dengan orang – orang di seluruh dunia. Bahasa juga dapat menyatukan semua orang di seluruh dunia tentunya. Bahasa Inggris dikenal sebagai salah satu bahasa internasioanl yang sudah disahkan sebagai alat komunikasi yang dapat menghubungkan orang – orang diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang tidak asing lagi di gunakan ataupun di dengar dalam praktik kehidupan sehari – hari.

Bahasa Inggris begitu memegang peran yang begitu penting dalam hidup ini. Berikut ini terdapat sebuah pidato pendek yang menjelaskan bagaiamana pentingnya  bahasa Inggris dalam kehidupan.

 

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dan Artinya

 

Language plays an important role in human life. One tries to acquire, learn and use language as a means of communication, and simultaneously as social symbol of humanity. By using language someone could make statements, convey facts and knowledge, explain or report something, and keep social relations among the language users. These indicate that by means of language, people can express their ideas, feeling, information etc through communication.

Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Seseorang mencoba meperoleh, belajar dan menggunakan bahasa sebagai bentuk dari komunikasi, dan simbol hubungan sosial yang simultan. Dengan bahasa seseorang dapat berpendapat, mengutarakn fakta ddan ilmu, menjelaskan atau melaporkan sesuatu, dan tetap menjaga hubungan sosial diantara para pengguna bahasa. Dan ini menunjukkan arti dari bahasa, orang – orang yang dapat mengekspresiakn ide, perasaan, informasi dan hal lainnya melalui bahasa.

 

As one of language in the world, English is considered and applied as international language. Since then, it is very popular and have been spoken and learnt by almost people in the world. There are some reasons why English is important and many people attempt to learn it. Some of them are: for finding job, traveling, interacting one each other, doing business, taking examination, doing research, writing in the foreign language, etc.

Salah satu bahasa dunia, bahasa  Inggris dinyatakan sebagai bahasa international. Sejak saat itu, banyak orang berbahasa dan belajar bahasa Inggris. Ada beberapa alasan mengapa bahasa Inggris pernting dan banyak orang mencoba mempelajarinya. Beberpa diantaranya adalah: Untuk mendapatkan pekerjaan, jalan – jalan, untuk berkomunikasi satu sama lain, berbisnis, mengikuti ujian, melakukan penelitian, menulis dalam bahasa asing, dan lain – lain.

 

In such developing country like Indonesia, English has a vital role in all aspects of life, particularly in science and technology. Furthermore, it can be used for developing relationships in the international forum, for reading English book (especially for students from primary school up to colleges/university), to tighten the relationship among nations in the world, etc. As students, we learn English are intended to obtain various knowledge, to comprehend and understand the textbooks learned in English, to gain knowledge and skills, and to be ready enter to the university, as one of the test requirements for students of senior High School (SMA), etc. Looking at the above important roles of English, that is why English is very important to understand and to master by every people throughout the world since before.

 

Untuk negara berkembang seperti Indonesia, bahasa Inggris memiliki peran yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, hal ini dapat berguna untuk meningkatkan hubungan dalam forum internasional, untuk membaca buku berbahsa Inggris (khusunya untuk para siswa dari SD sampai perguruan tinggi), untuk mempererat hubungan antar negara di dunia, dan lain – lain. Sebagai siswa, kita mempelajari bahasa Inggris sangat penting untuk menggali berbagai pelajaran, untuk mengerti dan memahami buku pelajaran dalam bahasa Inggris, untuk menggali ilmu pengetahuan dan skil, dan untuk bersiap memasuki universitas, sebagai salah satu syarat tes untuksiswa SMA, dan sebagainya. Melihat pentingnya peran bahasa Ingggris diatas, itulah mengapa bahasa Inggris sangat penting untuk dipahami dan dikuasai oleh setiap orang didunia sejak itu.

At the end of my speech, I will quote a wise expression: “ENGLISH WILL MAKE EVERYBODY SURVIVE AND GO ANYWHERE”. This expression reminds us how importance of English for human life is. As global or universal language, English is not only enables us to communicate and interact with every people throughout the world, but also it could alter our life to be better. Furthermore, we also must be aware that the western countries play extra ordinary role in developing and keeping science and technology. Thus, if we want to be a skilful scientists, linguists, and be able to compete with the other countries in the world, we must understand, master and learn the language they use, namely English.

 

Dikahir pidato, saya akan mengutip kutipan bijak “BAHASA INGGRIS AKAN  MEMBUAT  SEMUA ORANG BERTAHAN DAN DAPAT PERGI KE SEMUA TEMPAT”.   Peri bahasa ini mengingatkan kita betapa pentingnya bahasa Inggris untuk kehidupan. Sebagai bahasa global, bahasa Ingggris tidak hanya memungkinkan kita unuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua orang diseluruh dunia, tetapi ini juga dapat mengubah hdup kita menjadi lebih baik. Selain itu kita juga harus waspada pada negara barat yang mengambil peran luar biasa terhadap dains dan tedknologi.  Demikian, jika kita ingin ahli sebagai penemu, ahli bahasa, dan dapat berkompetisi dengan negara lain di seluruh dunia, kita harus mengerti, menguasai dan mempelajari bahasa yang mereka gunakan, yaitu bahasa Inggris.

 

Bahasa Inggris bukanlah suatu hal yang sulit untuk dipelajari. Sulit atau tidaknya suatu bidang ilmu tergantung dari seberapa tekun kita dalam berusaha memahaminya. Sebagai generasi penerus bangsa, anak – anak muda sudah seharusnya melihat bahasa Inggris sebagai sebuah behasa yang wajib di pelajari dan di pahami. Sebagai penerus bangsa, kalian memiliki kewajiban untuk membuat bangsa ini semakin berkembang dan menjadi negara maju suatu hari nanti.  Dengan bahasa Inggris kita dapat mengejar segala hal yang telah ditekuni negara barat, dengan bahasa Inggris kita dapat meningkatkan sumber daya manusia kita menajdi lebih baik lagi.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!