Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Sekolah dan Artinya

CONTOH PIDATO TENTANG SEKOLAH – Pidato merupakan kegiatan berbicara didepan umum atau berorasi untuk menyampaikan pendapat, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya diabawakan oleh seorang yang memberikan orasi – orasi tentang suatu hal atau peristiwa.

Dewasa ini topik yang dibahas dalam sebuah pidato sudah sangat banyak jenisnya. Mulai dari sains, peristiwa – peristiwa yang sedang terjadi dikehidupan sehari – hari, bahkan sampai agama. Pidato juga tidak terpatok dalam satu bahasa saja. Di Indonesia sendiri pidato sudah banyak diperlombakan dalam beberapa bahsa asing seperti Inggris, Jepang, China, Korea, dan banyak bahasa lainnya.

Pada contoh dibawah ini kita akan mengambil salah satu contoh pidato yang bertemakan sekolah. Melalui tema kita dapat menggambarkan pembahasan apa yang sedan kita hadapi. Kemudian dengan bantuan judul kita dapa memagari ruang lingkup pemabahsan agar lebih terfokus dan teraah kan. Pada sebuah pidato sudah sepatutnya diawali dengan Greeting atau salam pembuakaan.

Pendahuluan:

“Hello, everyone. Thank you for having me. My name is ______ _______, and I am going to be speaking to you today about _______. To begin, _______ is important because…”

“Hai, semuanya. Terimakasih untuk waktu dan kesempatan yang diberikan pada saya. Nama saya (sebutkan namamu), dan saya akan berbicara tentan (sbeutkan tema dari pidato yang akan kita sampaikan, misalnya pendidikan). (sebutkan tema sekolah lagi) adalah hal yang penting karena ….”

Kadang – kadang kita akan menemukan para audience yang tidak memperhatikan kita diawal pembukaan. Sudah menjadi tugas kita untuk menarik kembali para pendengar untuk kembali fokus pada kita seorang. Ada baiknya jika kita menambahkan beberapa cara jitu seperti menambahkan kutipan yang berkenaan dengan pembahsan yang akan kita sampaikan;

“Education is the passport to the future, for tomorrow belongs to those wo prepare for it today.”

“Pendidikan adalah passport menuju masa depan, hari esok adalah milik dari tiap – tiap orang yang mempersiapkannya.”

Kemudian masuk kepada isi dari pidato yang akan kia sampaikan. Misalnya kita ingin menyampaikan pidato yang berkenaan dengan sekolah/ pendidikan dengan mengangkat salah satu fenomena yang benar terjadi di prkatik kehidupannya. Pada contoh dibawah ini membahas tentang fenomena pendidiakn Indonesia tentang sistem, penyetaraan kurikulum yang dipaksakan diterapkan di seluruh daerah yang mana pengembangannya berbeda – beda.

Sistem edukasi Indonesia yang mengikat siswanya ke dalam kurikulum tertentu membuat pergerakan para siswa terbatas dan mengubur kreativitas mereka.

The impressive phenomena in our education recently is in the system. It’s acceptable if our Nation hang high expectation in to our education. But our education system not yet capable to provide us to be in the superior education extent. 

Fenomena besar yang terjadi pada pendidikan kita baru – baru berada pada sistem pendidikannya. Dapat di pahami jika Negara menaruh harapan yang tinggi pada sistem pendidikan kita. Tetapi pendidikan kita belum lah mampu untuk memberikan kita standar pendidikan yang tinggi.

For example, governments build equalization system which arrange student uniform, learning manner, question solve method, intellectualization, or even curriculum.

Seperti contoh, pemeerintah membangun sistem penyetaraan yang mana mengatur seragam, cara belajar, cara penyelesaian soal, pemikiran, dan bahkan kurikulum. 

We must to aware that Indonesia is consist by many region which each of them has different development and doesn’t capable to follow the curriculum yet, but we still insist them to force them to be in the track. 

Kita harus sadar bahwa Indonesia terdiri dari banyak daerah yang mana tiap – iap daerahnya memiliki perkembangan yang berbeda dan belum mampu mengikuti kurikulum, tetapi pemerintah tetap memaksakan mereka untuk mengikuti kurikulum yang ada.

In one side the system simplify student’s arrangement and keep their emotional. But the other side, it’s mean we neglected student’s freedom. Their motion has been under controlled and it is end with extinguish their creativity. 

Di satu sisi sistem ini menyederhanakan pengaturan terhadap para siswa dan dapat menjaga emosional mereka. Tetapi di sisi lain, ini berarti kita mengacuhkan kebebasan mereka. Setiap pergerakan mereka diatur dan ini berakhir dengan membunuh kreatifitas mereka.

Therefore, system has changed interpretation of school as a part of forming obedient human whom their freedom of thinking has been shackled by memorization system on teaching — studying activity and in its evaluations eventually. 

Pada akhirnya, sistem akan merubah arti sekolah sebagai tempat pembentukan generasi yang patuh yang mana kebebesan mberfikir mereka yang sudah dibelenggu dengan metode menghafal dalam aktifitas belajar – mengajar dan pada evaluasinya nanatinya.

Contoh diatas merupakan salah satu item yang bisa kita sampaikan dalam sebuah pidato. Kamu bisa mengembangkannya dengan menambahkan beberapa dampak negatif dan positifnya. Ataupun kamu bisa menambahkan opini kamu dalam menangani fenomena ini.

Kemudian untuk penutupan;

Ladies and Gentlemen…..

Brothers and Sisters……..

That’s all my speech. Hopefully, it will be useful for all of us. Thank you very much for your attention.

Ibu – ibu dan bapak – bapak

Saudara – saudari sekalian

Hanya ini yang dapat saya sampaikan. Saya harap dapat berguna untuk kita semua. Terimakasih atas perhatian anda – anda sekalian.

Berikut contoh dari pidato yang berkenaan dengan pendidikan. Tidak hanya masalah fenomena kurikulum yang masih perlu perbaikan, kamu juga bisa membahas pergaulan para siswa di sekolah dewasa ini. Bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka di sekolah, apa sudah produktifkah waktu yang dihabiskan  para siswa di sekolah.

Jika menurutmu tidak, kamu bisa menambahakan alasan yang dapat menguatkan isi pidatomu. Dan juga kamu dapat memberikan buah – buah pikiranu dalam memperbaiki hal – hal yang menurutmu masih kurang tepat.

Tidak melulu tentang kritikan, kamu juga menyamapaikan prestasi – prestasi yang sudah dicapai Indonesia dalam bidang pendidikan. Seperti memenangkan lomba sains, bagaiamana cara kita memberi penghargaan kepada para siswa, dan bagaimana kita dapat melahirkan generasi – generasi penerus selanjuntnya. Kamu bisa menuang pesan – pesanmu dalam pidato. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!