Penjelasan Serta 6 Contoh Ekspresi Asking for Help dan Giving Help

Ekspresi Asking for Help dan Giving Help – Ada begitu banyak ekspresi yang terdapat didalam tata bahasa inggris. Salah satunya adalah ekspresi ketika meminta dan menawarkan/ memberikan pertolongan. Ekspresi dalam bahasa indonesia berarti pengungkapan atau peroses menyatakan, atau memperlihatkan gagasan, maksud, perasaan dan sebagainya. Sedang dalam bahasa inggris, ekspresi yang berarti Expression memiliki definisi sebagai suatu tindakan dalam menyatakan gagasan dari perasaan ataupun pikiran.

Dalam sebuah ungkapan permintaan tolong tentulah harus menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai. Dalam bahasa inggris kalimat permintaan tolong itu sendiri memiliki banyak variannya. Sama halnya dengan kalimat Asking for help, giving help atau offer help juga memiliki banyak ekspresi.

 

Ekspresi Asking for Help dan Giving Help

 

  1. Asking for help

  • Could you give me a hand?

Jika diartikan secara harfiah arti kalimat diatas “Bisakah anda memberikan tangan anda?” ini merupakan salah satu ekspresi yang sering digunakan di dalam bahasa inggris dalam meminta bantuan.  Tangan merupakan salah satu anggota badan yang sering kita gunakan dalam membantu kegiatan sehari – hari kita, karena itu ekspresi ini menggunakan tangan sebagai perandaian dari sebuah pertolongan. Maka dengan begitu kalimat diatas akan berarti “Bisakah anda membantu saya?”

Dalam hal ini salah satu respon yang dapat diberikan adalah “Certainly.” Yang berarti tentu saja.

  • Can you help me please?

Ekspresi ini merupakan ekspersi yang sudah sering sekali kita temukan di kehidupan sehari – hari. Jenis ekspresi ini dapat kita gunakan dimana dan kapan saja. Dalam hal ini salah satu respon yang bisa diberikan adalah “My pleasure” yaitu bermakna seseorang tersebut berkenan membantu dengan senang hati.

  • Would you mind helping me out?

Jika diartikan kedalam bahasa indonesia ekspresi ini akan bermakna apakah seseorang yang anda mintai pertolongan keberatan untuk menolong anda pada suatu pekerjaan. “Would you mind” artinya apakah kamu keberatan? ekspresi ini merupakan ekspresi sopan dalam sebuah ekspresi asking for help. Jika anda berhadapan dengan ekspresi ini maka perhatikan responnya dengan baik. Respon “No, I’m not” berarti seseorang tersebut berarti tidak keberatan untuk memberi bantuan pada anda. Namun, jika respon yang anda dapatkan adalah “Yes, I do.” Itu berarti seseorang tersbut keberatan dalam memberikan pertolongan pada anda. Poin yang harus diingat adalah respon “No” berarti menerima dan “Yes” berarti menolak.

 

  1. Giving help or offering help

  • Would you like some help?

“apakah ada membutuhkan bantuan”  ketika anda melihat seseorang yang kewalahan membawa barang – barang belanjaan, anda akan menghampirinya dan mengatakan “Would you like some help?” maksud ekspresi ini anda berkenan membantu seseorang tersebut. Dan respon yang seharusnya anda dapatkan adalah “ Yes, that would be great for me.”

  • Can I give you hand?

Sama seperti ekspresi asking for help yang sudah dijelaskan di atas, ekspresi ini berarti anda memiliki kemampuan untuk memberi seseorang sebuah bantuan. Ketika anda menawarkan pertolongan seperti ini maka respon yang anda dapatkan adalah “ Thank you, much obliged” respon ini berarti terimaksih sudah mau repot – repot membantu.

  • Do you need a help?

Ketika anda terlihat bingung mengoperasikan suatu aplikasi di ponsel pintar yang anda miliki, seorang teman datang menghampiri dan dengan murah hati memberi isyarat bahwa dia bisa saja membantu anda jika anda membutuhkan sebuah pertolongan dengan mengajukan pertanyaan apakah kamu membutuhkan bantuan? Maka respon pada ekspresi ini adalah “Yes, I need some help.” Jika anda merasa tidak bisa menyelesaikan persoalan yang anda hadapi sendiri dan “ No, thanks I’ve got it.” Jika anda optimis bahwa anda bisa menyelsaikannya tanpa bantuan.

  • My  I offer my assistance?

Assistance artinya bantuan, kata assistance sama kedudukannya dengan help, yang berarti anda melakukan sebuah aktifitas dimana anda mengulurkan tenaga, pikiran , dan waktu anda untuk membantu seseorang tersebut untuk mengatasi persoalan yang sedang dihadapinya. Pada ekspresi seseorang tersebut dapat memberikan respon “ That would be so much to me, thank you.” bantuanmu akan sangat berarti untukuku, terima kasih.

Mulai sekarang cobalah gunakan Asking for help and Giving for help di kehidupan sehari – hari anda menggunakan bahasa inggris.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!