7 Teknik GREETING Bagi Siswa Baru di Sebuah Kelas Berikut Contohnya

Teknik GREETING Bagi Siswa Baru – Menjadi siswa baru memang terkadang memberi tantangan tersendiri bagi kita. Tidak heran jika rasa gugup melanda sesaat sebelum memasuki ruangan kelas di sekolah yang baru. Perkenalan atau greeting merupakan hal utama yang sangat penting bagi seorang murid baru. melalui greeting kita dapat menciptakan hubungan interaksi sosial dengan murid – murid di dalam kelas baru juga guru yang akan mengajarkan kita nantinya.

Memperkenalkan diri tidak hanya sekedar mengatakan siapa nama kita, tetapi juga membeberkan sedikit informasi tentang profil diri kita, perkenalan dapat menciptakan kontakyang fisik langsung antara kita dan audience sehingga ita dapat bertukar informasi dengan orang yang baru kita temui.

Bagi seorang murid baru kalian bisa mencoba greeting dengan menggunakan bahasa inggris untuk memberi kesan pertama yang menakjubkan. Berikut beberapa teknik greeting sebagai murid baru di dalam kelas:

 

1. Make eye contact

Ketika dipersilahkan memperkenalkan diri, anda pasti dipersilahakna untuk berdiri didepan kelas mengahadap pada audiences. Dan hal penting yang harus anda lakukan adalah kontak mata dengan para audience, tatapan lurus kedepan agar kita dapat menyita perhatian para audiences sehingga mereka akan mendengarkan anda dengan sangat baik.

 

2. Smile

Tersenyum merupakan energi baik yang dapat membantu anda melalui greeting di kelas yang baru dengan santai tanpa rasa gugup

 

3. Use appropite body language

Beridirilah dengan posisi badan tegap, karena bahasa tubuh anda dapat mencerminkan tingkat kepercayaan diri anda di depan teman – teman baru.

 

4. Start with casual greeting

Berhubung anda adalah seorang siswa, anda dapat mengawali dengan kalimat greeting yang santai dan sopan seperti “Good morning everyone.” atau “Hello everyone.”. Kemudian selanjutnya kalian bisa mengatakan “I want to introduce myself” meskipun para audiences tahu persis maksud anda berdiri di depan kelas adalah untuk memperenalkan diri tetapi tidak ada salahnya untuk menyebutkannya lagi, hal tersebut akan trlihat lebih sopan.

 

5. Telling your name

Setelah mengucapkan salam, maka langkah selanjutnya adalah dengan menyebutkan nama anda misalnya “My name is Rini Amalia” dengan suara yang sekiranya dapat di dengar oleh seluruh audience, penghafalan nama harus jelas sehingga tidak membuat mereka bertanya dalam hati siapa nama anda. Anda juga dapat menambahkan nama panggilan anda saat memperkenalkan nama lengkap anda, hal itu dapat memudahkan mereka untuk menginga nama anda dengan cepat.

 

6. Telling about yourself

Tidak ada salahnya untuk menceritkana sedikit tentang diri anda saat greeting sebagai murid baru. Anda bisa menyebutkan berapa umur anda, asal sekolah anda dulu, hobi anda , dan alasan mengapa anda pindah sekolah.

 

7. Closing

Setelah anda merasa cukup anda dapat menutup dengan “Thank you for your attention, so pleased to meet you all” anda dapat menyampaikan betapa anda senang berada di kelas baru ini dan bertemu dengan teman – teman baru, kalimat “So pleased to meet you all” dapat memberi kesan hormat atau menghargai mereka yang sudah menyediakan waktu untuk mendengar salam dan perkenalan anda.

 

Berikut contoh greeting sebagai siswa baru :

Good morning every one, my name is ( sebutkan nama anda) or you can call me ( sebutkan nama panggilan anda) . I’m (usia anda) years old. I’m a tranfer student from (sebutkan nama sekolah asal anda). I was moved here because ( jika anda berkenana anda bisa menyebutkan alasan mengapa anda pindah, misalkan karena pekerjaan orang tua anda). I like to ( sebutkan beberapa hobi yang anda suka). Thank you for your attention, so pleased to meet you all.

 

Atau jika anda bukan siswa baru yang kondisinya siswa pindahan, misal anda seorang siswa yang sudah selesai dari satu jenjang pendidikan dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya anda bisa memulai salam :

Hello everyone (nama anda). My name is (nama anda). I live in (sbeutan alamat rumah anda). I was graduted from ( sebutkan intitusi pendidikan anda sebelumnya). My hobbies are ( sebutkan beberapa hobi anda, hal ini dapat memudahkan anda menemukan teman main yang sehobi di jenjang sekolah yang baru.) .  Thanks for your attention, I’m so glad to meet you all.

 

Hal tambahan lainnya yang harus anda perhatikan sebagai siswa baru yang nantinya akan mengucapkan salam dan perkenalan di dalam kelas adalah Dressing Well. Kondisi seragam yang anda kenakan sangat memepengaruhi kesan pertama anda sebagai siswa baru. Kerapaian dan kelengkaapn seragam anda dapat menjadi tolak ukur bagi kepribadian anda di depan teman – teman baru anda nantinya. Jadi, persiapkanlah seragam yang baik dan rapi sebelum pergi ke sekolah.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!