6 Tips dan Trik Menguasai Bahasa Inggris Secara Cepat (Instan)

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh sebagian besar penduduk di dunia. Bahasa inggris pun dikelompokkan menjadi dua kategori dalam penggunaannya yaitu bahasa inggris sebagai bahasa kedua dan sebagai bahasa asing. Contoh Negara pengguna bahasa inggris sebagai bahasa kedua adalah Malaysia, dimana mereka menggunakan bahasa inggris bukan hanya sebagai bahan ajardi sekolah, tetapi menggunakan bahasa inggris hampir di segala sector kehidupan, di kantor pemerintahan, di sekolah bahkan di tempat perbelanjaan. Hal itu tidak dapat disangkal karena sejarah Malaysia sebagai Negara bekas jajahan inggris di masa lalu. Sedangkan Indonesia termasuk sebagai Negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa asing, dimana penggunaannya hanya diwajibkan di sekolah.

Dengan penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa asing di Indonesia, menjadikan hanya beberapa persen masyarakat Indonesia yang dapat menggunakan bahasa inggris dengan baik dan benar. Tentu hal tersebut membuka kesempatan luas bagi orang-orang yang memiliki kemampuan plus di bidang bahasa asing untuk sukses di dalam karir. Oleh karena itu, banyak sekali orang-orang yang bertanya-tanya bagaimana caranya untuk mengasah kemampuan bahasa inggris yang pas-pasan bahkan nol ala “ foreign language “ menjadi “ second language “ atau bahkan bisa mirip dengan native speaker ( penutur asli ).

Jika anda andalah salah satu orang yang ingin menguasai bahasa inggris secara instan, saya akan memberikan beberapa tips dan trik bagaimana untuk memperdalam kemampuan anda dalam berbahasa inggris.

 

Hapalkan beberapa kata dalam sehari

Jika anda ingin mempelajari suatu bahasa, bahasa apapun itu, pelajarilah dulu kata perkata. Begitu juga dengan bahasa inggris. Tidak harus menguasai ratusan kata dalam 1 hari. Cukup 5 kata dalam 1 hari. Bila hal ini dilakukan secara konsisten dan berkala, maka niscaya kemampuan anda dalam berbahasa inggris akan meningkat. Pelajari beberapa kata yang sering kali diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti kata book, buy, read, hear, walk, drink, eat, etc.

 

Rangkai kata-kata itu menjadi sebuah kalimat

Cpbalah merangkai kata-kata yang telah dihapalkan tadi menjadi sebuah kalimat sederhana.

Contoh : I read a book

 

Pelajari tenses

Tenses adalah perubahan kalimat mengikuti waktu apa terjadinya kejadian itu. Tenses sendiri dibagi menjadi 4 , yaitu present tense, past tense, future tense dan past future tense. Sedangkan turunannya dibagi menjadi 4 lagi, yaitu simple, continous, perfect dan perfect continous. Cara menguasai tenses pun sangat mudah, dengan menguasai rumus-rumusnya, maka pembelajaran tentang tenses akan dengan mudah mengalir seperti air.

  1. Simple present tense : S + V1

Present continous tense : S + is/am/are + VIng

Present perfect tense : S + have/has + V3

Present perfect continous tense : S + have/has + been + VIng

  1. Simple past tense : S + V2

Past continous tense : S + was/were + VIng

Past perfect tense : S + had + V3

Past perfect continous tense : S + had + been + VIng

  1. Simple future tense : S + will + V1

Future continous tense : S + will + be + VIng

Future perfect tense : S + will + have + V3

Future perfect continous tense : S + will + have + been + VIng

  1. Simple past future tense : S + would + V1

Past future continous tense : S + would + be + VIng

Past future perfect tense : S + would + have + V3

Past future perfect continous tense : S + would + have + been + VIng

 

Mendengarkan lagu berbahasa inggris

Cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris dan sebisa mungkin mengetahui artinya, tidak harus semua lirik, beberapa lirik yang tahu artinya pun sudah bagus. Kemudian mengecek kemampuan listening, sudah benar ataupun belum melalui internet. Karena sekarang era informasi maka dengan mudah dapat mencari lirik lagu dan artinya melalui media yang satu ini. Untuk tahap pertama coba dengarkan lagu bahasa inggris bertempo lambat, bertempo sedang kemudian bertempo cepat.

 

Menonton film Hollywood

Tontonlah film tanpa memakai subtitle. Walaupun pada awalnya kita akan susah menangkap dialog apa yang telah diucapkan oleh aktor ataupun aktris dalam film tersebut, tapi lambat laun telinga kita akan terbiasa mendengar bahasa inggris yang dituturkan oleh native speaker dengan bantuan visual yang memukau, yang membuat kita cepat menangkap maksud dari film.

 

Membaca fiksi berbahasa inggris asli

Sediakan kamus bahasa inggris ketika kita akan membaca sebuah karya berbahasa inggris. Ketika kita tidak mengetahui maksud dari sebuah kata dari buku yang telah kita baca, kita bisa mencatatnya ataupun menggarisbawahi kemudian mencari artinya dalam kamus.

Itulah beberapa tips dan trik untuk menguasai bahasa inggris yang notabene merupkan bahasa internasional yang dibutuhkan dalam segala bidang kehidupan. Dengan belajar secara rutin dan tekun, bisa jadi anda bukan hanya sebgai seorang pembelajar foreign language ataupun second language tapi anda adalah seorang yang mendekati native speaker, sehingga orang-orang akan terkagum-kagum dengan kemampuan anda dalam berbahasa inggris.

Selamat belajar!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!