5 Hal Yang Membuat Guru Bahasa Inggris Dibenci Siswa

Kenapa guru bahasa inggris dibenci ?

Menjadi seorang guru ataupun pengajar adalah impian bagi banyak orang. Karena pekerjaan maupun profesi sebagai guru adalah pekerjaan yang mulia. Seorang guru dapat mencerdaskan anak bangsa. Anak bangsa adalah harapan besar bagi bangsa di masa depan. Guru bukan hanya mengajar tapi juga mendidik para siswanya, agar bukan hanya pandai dalam mata pelajaran tapi juga memiliki moral serta etika yang baik. Guru adalah pahlawantanpa tanda jasa, walaupun mereka memiliki jasa yang besar untuk mencerdaskan anak bangsa tapi mereka tidak pernah mengharapkan imbalan uang yang besar. Sehingga banyak orang yang bercita-cita menjadi guru. Mungkin ini juga bisa dipengaruhi ketika seseorang melihat guru mereka mengajar di depan kelas guru, terlihat berkharisma dan memiliki pengetahuan yang luas.

Ngomong-ngomong tentang tipe-tipe guru disekolah, pasti ada guru yang menjadi kesayangan para siswa dan juga ada yang ditakuti oleh para siswa. Salah satu jenis guru yang ditakuti oleh para siswa adalah guru bahasa inggris serta matematika. Kalau dulu sih saya “fobia” sama guru matematika, karena saya gak pandai pelajaran itu. Angka-angka yang ada di papan tulis berubah menjadi monster. Sehingga alhasil akhirnya ketika guru matematika datang, saya akan sembunyi di pojokan sambilmengantuk. Lalu, berbicara mengenau guru bahasa inggris. Guru mata pelajaran bahasa inggris juga biasanya banyak dibenci oleh para siswa karena beberapa alasan yang biasanya selalu sama antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Jadi apa ya alasan sebenarnya kenapa para siswa kurang menyukai guru mata pelajaran bahasa inggris dan bagaimana cara mengatasinya agar murid-murid menjadi suka bahasa inggris dan tidak benci lagi.Ingin tahu? penasaran? yuk, kita bahas bersama-sama.

  1. Galak

Guru bahasa inggris memang terkenal “killer” alias suka marah-marah tanpa alasan yang jelas. Sehingga membuat para siswa ketakutan. Kelas menjadi mencekam seperti scene film horor ketika si guru datang ke kelas. Untuk menyiasatinya sih mudah saja, bikin kelas agar lebih nyaman dengan suasana yang menyenangkan. Dan yang pasti buat ibu ataupun bapakguru bahasa inggris jangan suka marah ya, nanti cepat tua lo!

  1. Rumit

Semua orang di muka bumi ini pasti tidak menyukai hal-hal yang rumit dan membuat kepala pusing. Kalau ada yang rumit pasti inginnya gimana cara mempermudahnya. Itu juga berlaku untuk pelajaran bahasa inggris ini, terkadang ada beberapa bahasan yang dianggap rumit dan ditambah lagi ketika sang guru mengajarkan materi tersebut dengan cara yang tak kalah njelimet binsusah yang hanya bisa dimengerti oleh guru itu sendiri. Misalnya materi tentang tenses yang terkenal susah itu, sebagai guru yang “baik” harusnya seorang guru memberikan materi tenses ini dengan lebih jelas agar tidak menimbulkan kebingungan bagi para siswa yang sedang belajar di kelas. Kalau bisa mudah, kenapa dipersulit kan?

  1. Tidak teratur

Kadang guru bahasa inggris suka sekali lompat-lompat pelajaran, untuk mengejar targetyang harus dicapai. Misalnya materi tentang tenses. Hari ini belajar tentang present tense, besoknya sudah materi baru tentang future tense. Padahal kemarin para siswa juga belum paham betul dan ditambaj materi baru sehingga membuat murid kebingungan dan akhirnya ilmu itu tidak masuk sama sekali.

  1. Memberikan “punishment”

Punishment maupun hukuman sangat tidak baik diterapkan dalam dunia pendidikan karena hukumantersebut akan diingat oleh siswa seumur hidupnya dan membuat trauma. Misalnya siswa disuruh menghafal kosakata baru dan siswa tersebut tidak hafal. Guru akhirnya memberikan hukuman dengan hormat bendera merah putih di siang yang terik. Hal itu malah dapat membuat siswa ketakutan dan trauma, dan hal itu tentu saja tidak baik.

  1. Kebanyakan mencatat

Ada beberapa tipe guru yang hobi menyuruh muridnya untuk mencatatmateri pelajaran sampai habis. Padahal sebenarnya hal ini tidak begitu diperlukan, apabila sekali-kali tak apa, tapi kalau keseringan, siswa menjadi bosan dan menjadi tidak tertarik untuk belajar bahasa inggris karena sudah sebal duluan dengan gurunya.

Nah, begitulah beberapa hal yang menyebabkan guru bahasa inggris dibenci dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah informasi anda.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!