6 Teknik Greeting Sebelum Memulai Percakapan

Teknik Greeting – Ketika memulai sebuah percakapan dengan seseorang ada baiknya anda memulai dengan sapaan terlebih dahulu. Hal tersebut akan terlihat lebih sopan sehingga percakapan akan terasa tidak canggung nantinya. Sapaan pada sebuah percakapan tidak melulu hanya dilakuak pada percakapan lansgung, pada percakapa tidak langsug pun sapaan dapat anda lakukan. Sapaan tidak langsung contohnya seperti percakapan melalui telefon atau pun surat juga membutuhkan sebuah sapaan awal untuk membuka percakapa.

Berikut ini beberapa sapaan atau Greeting yang dapat anda lakukan sebelum memulai percakapan dalam beberapa situasi berikut:

 

  1. Sapaan yang dilakukan ketika hendak memulai percakapan dengan orang yang pertama kali kita jumpai.

Situasi ini biasanya sering kita jumpai dalam urusan pekerjaan. Ketika kita menjadi utusan dari perusahan tempat kita bekerja untuk melakukan pertemuan ke persusahaan lain, kita akan menjumpai banyak orang baru. Untuk memulai sebuah percakapan, maka kita harus menyapanya terlebih dahulu. Sambil tersenyum dan memberi kontak mata yang baik anda bisa mengawalinya dengan “It’s very nice to see you” kemudian berjabatan tangan. Kita dapat melakukan sapaan tersebut dalam situasi formal.

Namun jika dalam keadaan nonformal, misalnya ketika teman anda memperkenalkan seseorang pada anda, maka anda dapat menyapa dengan santai seperti “Hei, nice to see you.” anda tidak perlu menyebutkan nama anda kembali jika teman anda sudah menyebutkannya lebih dahulu. Tetapi dalam situasi ini anda juga dapat saling berjabat tangan sambil menyapa “Hai, I’m Rini.” Pada seseorang yang baru saja dikenalakan kepada anda.

 

  1. Sapaan yang anda lakukan ketika anda menyapa seorang customer

Jika anda bekerja disebuah pusat perbelanjaan, atau sebuah toko, anda pasti akan sering bertemu dan menyapa pelanggan anda. Dalam situasi ini greeting yang dapat anda ucapkan adalah “Welcome to (sebutkan nama tempat anda bekerja)” sebelum kemudian anda melanjutkan percakapan, misalnya dengan menanyakan apa yang pelanggan mungkin butuhkan “what can I do for you?” . Namun jika anda juga sering menerima pelanggan melalui teelfon, maka sapaan yang dapat anda katakan misalnya seperti ini “Good morning, It’s XXXY. It’s Rini. How may I help you? “ anda dapat memulai dengan sapaan berdasarkan waktu, kemudian menyebut nama institusi tempat anda bekerja, selanjutnya sebutkan nama anda, dan kemudian bertanya apa yang kiranya dapat anda lakukan untuk mereka.

 

  1. Sapaan yang diucapkan ketika menelfon resepsionis.

Misalkan anda ingin memesan kamar hotel untuk liburan anda minggu depan, maka hal yang harus anda lakukan lebih dulu adalah menghubungi hotel yang anda tuju untuk melakukan reservasi. Sapan yang dapat anda katakan pertama kali adalah “Hello, I want to make some reservation.” Sapaan tersebut dapat membantu memperjelas maksud anda.

 

  1. Sapaan yang diucapkan ketika seseorang melupakan nama anda.

Anda pasti sering bertemu dengan seseorang yang sudah pernah anda temui sebelumnya tetapi mereka lupa akan nama anda, hal itu bisa saja terjadi karena intensitas pertemuan yang jarang dilakukan. Untuk memulai percakapan kembali anda dapat menyapa seseorang terbut dengan “Hei Jimi, how are you doing?” dengan  menyebut nama mereka dalam greeting akan membuat mereka mencoba menggali ingatan mereka tentang anda.

 

  1. Sapaan ketika bertemu dengan teman lama di sebuah acara reuni.

Ketika anda menghadiri acara reunian anda akan bertemu dengan banyak teman lama. Dalam situasi seperti ini kita tidak dapat langsung memulai percakapan dengan seseorang tanpa memberi mereka sapaan terlebih dahulu. Mengucapakan kalimat sapan terlebih dahulu membuat anda terkesan sopan dan tidak membuat mereka bingung, bisa saja saat itu mereka sudah tidak terlalu mengenali wajah anda, ada baiknya jika anda menyapa dengan menyebut nama anda kembali seperti “ Hei, Rini, Long time no see, I’m Jani, still remmeber me?” dengan begitu mereka dapat mengingat anda kembali.

 

  1. Sapaan di kehidupan sehari – hari

Begitu banyak sapaa yang dapat anda ucapkan dalam kehidupan sehari – hari. Mengingat greeting merupakan hal pertama yang harus anda ucapkan ketika memulai sebuah percakapan diamana saja dan bersama siapa saja, untuk itu anda harus menyesuaikan sapaan seperti apa yang sebaiknya anda ucapkan sesuai dengan keadaannya. Ketika dipagi hari anda dertemu dengan tetangga anda ketika hendak berangkat kerja anda dapat menyapa “Hei, Rud, good morning.” Atau “Hei Tom, what a wonderful day” ketika cuaca terlihat sangat cerah anda dapat menyapa dengan ekspresi tersebut dengan maksud berharap semoga orang yang bersangkutan dapat melewati hari dengan baik.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!