Contoh Berita dalam Bahasa Inggris yang Mengandung 5w 1h Serta Penjelannya

CONTOH BERITA DALAM BAHASA INGGRIS YANG MENGANDUNG 5W1H – Setiap berita melalui proses yang begitu panjang sebelum disiarkan kepada masyarakat, proses panjang yang harus di lalui oleh sebuah informasi berita dimulai dari wartwan lapangan yang meliput kejadian tersebut, lalu dibawa kembali ke kantor redaksi untuk ditlis dalam bentuk  yang benar dan rapi. Tidak berhenti sampai di situ, berita tersebut  juga harus melalui persejutuan pemimpin redaksi, juga pengeditan yang benar – benar ketat dilakukan agar tidak terjadi kesalah pahaman ketika sampai kepangkuan masyarakat.

 

Nah, pada kesempetan ini kita akan melihat sebuah teks berita dan mencari unsur 5W1H didalamnya. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membaca dan menerjemahkan berita tersebut kedalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Apakah kalian sudah siap?

 

David Turpin, 56, and Louise Turpin, 49, are facing charges of torture, abuse and false imprisonment. They were arrested after one daughter escaped from their home, where police later found some siblings chained to beds and severely malnourished. The couple appeared in court hours after prosecutors detailed the horrific abuse allegations against them. Riverside County District Attorney Mike Hestrin said the couple had allegedly punished their children by tying them up – first using ropes and later chaining them to their beds with padlocks.

David Turpin,56, dan Louise Turpin, 49, menghadapi tuduhan penyiksaan, pelecehan, dan kesalahan pemenjaraan. Mereka ditangkap setelah salah satu anak perempua mereka melarikan diri dari rumah, dimana kemudian polisi menemukan beberpa orang anak terborgol di tempat tidur dan beberapa orang lainnya mak nutrisi. Pasangan suami – istri ini kemudian muncul di pengadilan satu jam setelah jaksa memeriksa tuduhan pelecehan yang mengerikan kepada mereka. Jaksa wilayah Conty District Attomey Mike Hestrin mengatakan bahwa pasangan suami – istri ini diduga menghukum anak – anak awalnya dengan mengikatkan tali dan kemudian merantai mereka di tempat tidur dengan gembok.

 

He said the alleged punishments would last weeks or months, and intensified over time. Prosecutors said circumstantial evidence showed the children were not released from their chains to go to the toilet. The teenager who escaped and alerted police to the house where her siblings were held captive had been hatching a plan to leave for two years, Mr Hestrin added. He detailed some of the gruesome allegations against the parents at a news conference on Thursday.

Dia mengatakan dugaan hukuman dapat berlangusng beberapa minggu atau beberpa bulan, dan semakin intensif dari waktu ke – waktu. Jaksa mengatakan bukti tidak yang tidak terperinci mengatakan bahwa anak – anak tersebut tidak dilepas dari rantai mereka untuk pergi ke kamar mandi. Anak remaja yang melarikan diri dan melaporkan polisi tentang rumah dimana para saudara kandungnya di tahan sudah merencanakan rencana untuk kabur selama dua tahun, tambah Hestrin. Dia merincikan beberapa tuduhan mengerikan terhadap orang tua di sebuah konferensi pers pada hari Kamis.

 

This case has sent waves of revulsion across the US and beyond, and the small courtroom was packed as the defendants appeared. David and Louise Turpin were smartly dressed. They occasionally glanced at each other across a table weighed down by a copy of the California penal code and a sheaf of paper related to the case against them. A lawyer sat between them. Mr Turpin, with a distinctive mop of grey hair, was chained around the waist, his stomach protruding from beneath the metal links. His wife’s mouth was turned down in a glum expression.

Kasus ini telah mengirim gelombang rasa muak di Amerika dan sekitarnya, dan ruang sidang yang kecil itu penuh sesak ketika dipenuhi dengan para terdakwa. David dan Louise Turpin berpakain rapi. Mereka sesekali melirik satu sama lain di atas meja yang berisi dengan salinan hukuma dan setumpuk kertas yang berkaitan dengan kasus tersebut. seorang pengacara duduk di antara mereka, Turpin, dengan rambut yang beruban, dirantai di sekitaran pinggang, perutnya yang menyembul dari balik rantai, wajah istrinya yang begitu murung.

Loading...

 

The couple spoke only briefly and softly to confirm that they understood and accepted procedural details relating to their next hearing. The charges they deny are among the most serious any parent could face: amounting to a grievous betrayal of their own children, a betrayal which prosecutors allege went on for years, if not decades. The siblings themselves are said to be doing well but at least some of them have almost certainly suffered irreparable damage, both physical and mental from their ordeal.

Pasangan tersebut berbicara dengan singkat dan pelan untuk memastikan bahwa mereka paham dan menerima dengan rincian procedural yang berkaitan dengan sidang selanjutnya. Tuduhan yang mereka sangkal adalah tuduhan yang paling buruk yang dapat dihadapi oleh orang tua: sejumlah pengkhianatan terhadap anak mereka sendiri, sebuah pengkhiantan yang menurut jaksa berjalan bertahun – tahun, jika tidak bertahun – tahun. Anak – anak tersebt dilaporkan baik – baik saja tetapi setidaknya satu diantara mereka hampir menderita kecacatan yang tidak dapat disembuhkan, baik secara mental atau fisik cobaan berat mereka.

 

The children, who are aged between two and 29 , have been treated in hospital since being freed on Monday. The two-year-old was of normal weight but the other children were severely malnourished, authorities said. The 12-year-old weighed as much as an average seven-year-old and the 29-year-old weighed only 82lb (37kg). Several of the children have cognitive impairment and “neuropathy, which is nerve damage, as a result of this extreme and prolonged physical abuse”, Mr Hestrin said.

Anak – anak yang kisaran sia 2 – 29 tahuu, sudah mendapatkan pertolongan di rumah sakit semenjak mereka dibebaskan pada hari Senin. Anak yang berusia 2 tahun memiliki berat yang tidak normal tetapu beberpa anak lainnya mengalami mal nutrisi, menurut kesaksian pihak yang berwajib. Anak yang berusia 12 tahun memiliki berat badan sama seperti anak berusia 7 tahun dan yang berusia 29 tahun memiliki berat badan hanya 37kg. beberapa anak memiliki gangguan kognitif dan ‘neuropati, yang merupakan salah satu kerusakan pada sara, akibat pelecehan fisik yang ekstrim dan berkepanjangan.” tutur Hestrin.

 

Setelah selesai menerjemahkan sekarang mari kita cari lima unsur yang sudah kita bicarakan di atas;

  1. What: unsur ini mengandung makna apa yang di diskusikan dalam teks berita tersebut, cerita apa yang terkandung didalamnya. Dan pada artikel berita diatas menceritakan perihal kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh sepasan suami – istri yang diduga merupakan orang tua biolgis anak – anak tersebut.
  2. Where: mengandung makna dimanakah kejadian tersbut terjadi. Pada teks berita diatas di katakan bahwa keluarga ini berdomisili di Perris, California.
  3. Who: Siapakah pemeran dalam teks berita tersebut, siapa pelaku utamanya. David dan Louise Turpin yang merupakan orang tua yag menyiksa dan 13 orang anak yang menjadi korban dari penyiksaan tersebut.Why: Mengapa suami – istri ini kemudian harus memnuhi panggilan pengadilan?  Karena mereka diduga melakuakn penyiksaan terhadap  13 orang anak kandung mereka.
  1. When: Tidak diketahui pasti sejak tahun berapa tepatnya pasangan suami – istri ini melancarkan niat jahatnya kepada 13 anak kandungnya. Namun, melihat kondisi 13 anak yang harus mendapatkan perawatan rumah sakit terdekat mhal ini sudah terjadi sejak bertahun – tahun lalu.
  1. How: Penyiksaan yang dilakukan pasangan suami – istri ini antara lain adaalah; memukul, mencekik, menghukum mereka dengan rantai di atas tempat tidur setiap kali mereka melakukan kesalahan, hanya diperbolehkan makan satu kali dalam satu hari, hanya diperbolehkan mandi sat kali dalam sau tahun, dan beberapa kekerasan fisik lainnya.

 

Semoga penjabaran diatas dapat menjadi contoh yang mampu membantu menjadi referensi kalian dalam belajar bahasa Inggris. Diharapkan agar kalian semua dapat terus meningkatkan kemampuan dan kemauan belajar bahasa Inggris sehingga kalian dapat memetik hasilnya suatu hari nanti. Selamat belajar.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!