3 Cara Tepat Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Belajar percakapan bahasa inggris – Skill dalam bahasa inggris terdiri dari listening, reading, writing, dan juga speaking. Listening adalah kemampuan untuk mendengar dalam bahasa inggris. Bisa mendengarkan lagu dan mendengarkan hal-hal yang lainnya. Reading adalah skill bahasa inggris dalam membaca, bisa membaca apa saja, misalnya membaca majalah, surat kabar dan membaca yang lainnya. Writing sendiri adalah kemampuan menulis, bisa menulisfiksi maupun nonfiksi. Dan yang terakhir adalah speaking, speaking sendiri merupakan kemampuan dalam berbicara bahasa inggris. Kemampuan berbicara bahasa inggris ini biasanya dipakai untuk percakapan dengan orang lain. Nah, mengenai speaking, banyak yang menganggap bahwa speaking ataupun kemampuan dalam bahasa inggris termasuk sesuatu yang sulit ataupun sukar.

Karena speaking banyak dipakai dalam kehidupansehari-hari dan juga harus dipraktekkan, tidak hanya sebagai teori saja. Kadang orang takut untuk memulai berbicara dengan berbahasa inggris, karena takut salah dan orang lain maupun orang yang diajak berbicara tidak mengetahui apa yang sedang anda bicarakan. Kadang beberapa orang juga belajar mati-matian agar dapat berbicara dengan fasih berbahasa inggris, belajar siang dan juga malam agar dapat berbahasa inggrisdengan lancar. Lalu, bagaimana caranya agar fasih dalam berbicara bahasa inggris? Adakah trik untuk menguasainya? Ada dong. Ingin tahu? Nah, mari kita simak bersama-sama.

  1. Praktek

Jika anda ingin fasih dalam berbicara bahasa inggris, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan praktek berbicara dengan bahasa inggris itu sendiri. Karena inti dari berbicara sendiri adalah praktek berbicara menggunakan lisansehingga akhirnya membuat seseorang lebih fasih dan juga mahir. Belajar berbicara bahasa inggris tersebut layaknya orang yang belajar berenang. Karena orang yang selalu belajar berenang setiap harinya, maka dia pun akan cepat bisa maupun dapat berenang dengan mudah. Berbeda apabila hanya melihat orang lain berenang, tanpa mempraktekkannya sendiri, maka dia hanya akan menjadi penonton setia tanpa ada keahlian maupunkemampuan apapun dalam berenang. Sama juga dengan belajar speaking ataupun berbicara dalam bahasa inggris, jika sering dipraktekkan maka akan menjadi lebih fasih dalam berbicara bahasa inggris. Lebih baik lagi apabila andamempraktekkannya dengan teman-teman yang memang memiliki kemauan serta kemampuan dalam bahasa inggris. Dengan mempraktekkannya bersama dengan teman-teman anda makakemampuan berbicara bahasa inggris anda pun akan mudah meningkat dengan cepat.

  1. Berbicara melalui tulisan

Jaman sekarang pasti semua orang memiliki media sosial. Media sosial memang sudah masuk dalam setiap segi kehidupan. Bahkan ada orang yang mengaku bahwa dirinya sudah kecanduan media sosial tingkat berat maupun tingkat akut, sehingga tak dapat hidup tanpa sosial media. Tapi siapa sangka bahwa andadapat menggunakan sosial media sebagai sarana untuk belajar bahasa inggris, termasuk juga belajar speaking. Dengan memiliki maupun bermain media sosial maka anda pun bisa dengan bebas memiliki teman dari negara manapun. Nah, anda dapat mengawali dari mencari teman dari luar negeri, lebih bagus jika teman anda berasal dari benua amerika maupun eropa yang notabene bahasa “ibu” mereka adalah bahasa inggris asli. Lalu ajakchatting, telpon maupun video call dengan aplikasi yang ada di sosial media yang telah anda buat maupun miliki. Contohnya adalah aplikasi directmessage maupun privatemessage yang ada di sosial media facebook. Nah, tidak butuh waktu yang lama, beberapa minggu maupun beberapa bulan kemudian anda pun sudah dapat berbicara bahasa inggris dengan fasih.

  1. Jangan terlalu memperhatikan grammar

Grammar ataupun tatabahasa memang penting dan sangat bagus untuk dipelajari. Tapi tidak berlaku ketika anda belajar speaking. Ketika anda begitu terpaku pada grammar maupun pada tata bahasa inggris. Maka anda pun akan terkena sindrom takut salah dan malah takkan berani bicara apapun.

Nah, demikianlah beberapa cara agar menguasai conversation maupun percakapan bahasa inggris. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!