Cara Tepat Membuat Siswa Anda Mau dan Berani Berbicara Bahasa Inggris

Metode Mengajar speaking –¬†Mengajar bahasa inggris itu tidaklah mudah, semudah membalikkan telapak tangan lalu siswa akan mengerti apa yang sedang anda terangkan kepada mereka. Mungkin kelihatannya siswa ketika anda sedang berbicara maupun sedang mengajar di depan kelas seakan sudah mengerti dan juga paham. Mereka juga terlihat tenang dan juga diam seribu bahasa, bahkan ketika anda bertanya kepada mereka tentang materi pelajaran yang mereka tidak mengerti, mereka akan menggelengkan kepalanya tanda mereka sudah mengerti tentang semua yang telah anda ajarkan tadi. Hal ini semakin bertambah ketika anda mengajarkan materi tentang speaking kepada siswa. Karena materi ini tergolong susah, karena berbicara maupun speaking dalam bahasa inggris itu kadang karena bakat seseorang. Jadi seseorang yang emang berbakat dari sononya akan dengan mudah mempelajari speaking ini berbeda dengan orang yang hanya memiliki kemampuan rata-rata. Lalu bagaimana triknya untuk mengajar speaking bahasa inggris agar murid-murid anda pintar bicara dalam bahasa inggris? penasaran? mari kita bahas bersama-sama. Let’s check this out!

Cara pertama yang dapat anda terapkan ketika ingin mengajarkan speaking adalah menggunakan sesering mungkin percakapan-percakapan dalam bahasa inggris ketika anda sedang mengajar di dalam kelas. Praktekkan speaking langsung pada murid-murid anda, bukan hanya terpaku pada teori speaking yang rumit dan berisi ini dan itu. Praktekkan langsung, ajak mereka yang ada di dalam satu kelas bercakap-cakap dengan bahasa inggris. Usahakan dalam seharian penuh anda mengajar menggunakan bahasa inggris full sebagai bahasa utama. Walaupun mereka masih banyak yang salah dalam pelafalan serta pengucapan dalam bahasa inggris, tapi setidaknya mereka sudah berlatih dan juga mencoba. Jika speaking natural ataupun alami dalam kelas ini menjadi kebiasaan rutin maka mereka akan terbiasa dan kemampuan berbicara mereka pun akan semakin meningkat setiap harinya. Selain itu perbolehkan siswa-siswa anda untuk membawa kamus oxford, atau suruhlah mereka untuk membuka kamus oxford bahasa inggris asli. Sehingga mereka pun dapat membaca dan juga mengartikan kata-kata yang hampir sama dalam kamus asli tersebut. Dan jangan lupa mereka juga boleh membawa kamus indonesia-inggris maupun inggris-indonesia untuk mengertikan suatu kata yang tidak mereka mengerti ketika membuka kamus oxford. Hal ini agar pembendaharaan kata mereka semakin banyak ataupun vocabulary yang mereka pelajari semakin banyak. Jika banyak kata dalam bahasa inggris yang mereka ketahui dan juga hafalkan, maka lebih baik pula kemampuan mereka dalam speaking maupun berbicara dalam bahasa inggris.

Anda juga harus memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah maupun pekerjaan rumah agar mereka mengerjakannya. Yakni dengan cara menyuruh mereka untuk membuat flashcard sederhana dengan berisi banyak kalimat baru dan sulit serta menuliskan contoh kalimat serta artinya dibawah. Hal ini akan memudahkan mereka untuk belajar kosakata baru dengan lebih mudah serta lebih menyenangkan. Anda pun dapat membuka youtube dan mendownload beberapa videopraktek speaking disana. Hal ini dapat anda terapkan di kelas. Dengan cara membagi siswa dalam beberapa buah kelompok belajar. Setiap kelompok akan mendapatkan satu buah video percakapan bahasa inggris. Mereka anda suruh untuk membuat dialog baru tentang suatu percakapan dan mempraktekkannya di depan kelas di depan kelompok yang lainnya. Hal ini akan membuat kemampuan berbahasa inggris dalam hal speaking berkembang dengan hal yang menyenangkan  serta mengasyikkan. Nah, demikianlah cara untuk mengajari speaking siswa anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!