Contoh Makalah Bahasa Inggris “FUN WITH ENGLISH”

Contoh Makalah Bahasa Inggris

“FUN WITH ENGLISH”

Bahasa merupakan salah satu kegiatan manusia dalam berinteraksi sosial atau menyampaian ide yang dibantu dengan aktivitas oral. Tidak hanya itu bahasa juga merupakan medium terhadap sebuah karya seni dan kreatifitas manusia. Tanpa bahasa manusia tidak dapat membangun sebuah interaksi sosial dalam kehidupan. Dewasa ini, bahasa tidak hanya sebagai alat penyambung satu individu dengan individu lainnya, melaikan penyambung interaksi sosial antar bangsa.

Salah satunya adalah bahasa asing, yaitu sebagai jembatan yang dapat menghubungkan  antar negara dalam berbagi informasi atau bertukar budaya. Bahasa asing itu sendiri memiliki arti sebagai bahasa yang tidak digunakan oleh seseorang yang tinggal di suatu tempat tertentu, misalnya; bahasa Indonesia dianggap sebagai sebuah bahasa yang asing di Australia. Begitupun sebaliknya, jik ada penutur bahasa Indonesia yang menetap di Australia dia dapat mengatakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuknya.

Salah satu bahasa asing yang sering sekali kita jumpai adalah bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang disahkan oleh UNESCO sebagai bahasa internasional. Di zaman modern seperti sekarang ini bahasa Inggris bukan lagi hal yang asing. Tanpa kita sadari kita kerap berhubungan dengan bahsa Inggris dalam setiap aspek kehidupan. Kita menggunakan bahasa Inggris saat mengunakan Handphone, saat bermain internet, bahkan saat menonton televisi pun kita menemukan bahasa Inggris. Kedekatan kita dengan bahasa Inggris sangatlah intim, namus sayangnya masih banyak yang merasa bahwa bahasa Inggris merupakan pelajaran yang bagitu sulit. Terutama pada kaum muda yaitu pelajar yang sering sekali menyebutkan bahasa inggris merupakan mata pelajaran yang paling sulit dibandingan pelajaran Eksak lainnya. Tapi tanpa kita sadari bahwa bahasa Inggris merupakan jembatan yang dapat menngantarkan kita pada impian yang ingin kita raih.

Misalnya; kita tidak akan bisa mengambil beasiswa dalam ilmu Fisika ketika kita tidak memiliki kemampuan berbahasa inggris yang memadai, atau saat melamar pekerjaan kemampuan bahasa Inggris menjadi nilai plus yang dapat memberikan peluang besar bagi kita. Bahasa Inggris juga dapat meningkatkan SDM suatu daerah, oleh sebab itu pengaruh bahasa Inggris dalam kehidupan kita sangat lah besar.

Alangkah baiknya jika mulai dari sekarang kita menerapkan pembelajaran bahasa Inggris dalam diri kita. Penerapan itu bisa juga diawali dari sejak dini, misalnya pada anak – anak TK atau Sekolah Dasar. Penerapan pembelajaran usia dini merupakan cara yang efektif, dimana kita ketahui bahwa usia dini merupakan usia paling baik diberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani- rohani. Dengan membiasakan usia dini mengenal macam – macam bahasa maka kita sudah mengasah fungsi otak kiri menjadi semakin lebih baik.

Pendidikan bahasa inggris pada usia dini bisa dimulai dengan cara yang kreatif untuk meningkatkan ketertarikan anak – anak pada bahasa inggris. Misalnya; dengan membacakan mereka cerita bergambar yang menggunakan bahasa inggris. Cerita bergambar merupakan hal yang paling menarik hati anak – anak usia dini. Selanjutnya diterapkan dalam lagu – lagu anak yang berbahasa inggris, memberi contoh visual yang nyata dari benda – benda yang dekat dengan mereka, misalnya; sebutlah buku, pensil, pulpen, meja, kursi,  atau tas dalam bahasa inggris.

Penerapan permainan luar ruangan juga dapat menjadi ide kreatif dalam penerapan bahasa Inggris sejak dini. Mengambil contoh dari penerapan pendidikan usia dini pada TK di Jepang, yang mana mereka menerapakan pembelajaran outdoor dengan memberi anak – anak muridnya nama – nama benda yang kemudian harus mereka temui diluar ruangan tanpa bantuan guru. Selain membantu daya ingat mereka terhadap kosa kata, hal tersebut juga dapat meningkatkan kreatifitas anak – anak dalam berimajinasi.

Pendidikan sejak dini memang sangat penting, namun hal tersebut juga tidak terlepas dari peran orang tua didalamnya. Alangkah baiknya jika orang tua juga ikut membantu pembelajaran ini di luar sekolah dengan membiasakan anak – anak mereka tetap dekat dengan bahasa inggris di rumah. Orang tua dapat mengaplikasikan bahasa inggris dalam berbagai macam pembelajaran lainnya, seperti pembelajaran agama dan ilmu pengetahuan sosial.

Pada hakikatnya pembelajaran bahasa inggris bukanlah suatu pelajaran yang membosankan jika kita melakukannya dengan cara – cara kreatif. Sugesti “Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit” yang terus kita ucapaan didalam otak kita lah yang membuat bahasa Inggris terlihat sulit. Kemampuan berbahasa tidak sepenuhnya berhubungan dengan tingginya IQ seseorang, memang kita ketahui bahwa IQ setiap orang akan berbeda – berda, namun itu bukanlah alasan untuk tidak dapat berbahsa inggris. Setiap manusia dapat menggunakan kedua belak fungsi otak mereka masing – masing dengan porsi dan batas kemampuan berbeda – beda. Intinya adalah adanya kemauan belajar dalam diri dan berhenti memberi sugesti buruk pada diri “Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit.” Jadi, ayo belajar bahasa Inggris dari sekarang.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!